Wednesday 23 May 2012

Mutiara Nasehat No. 171-180

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien




171. Ibadah terbaik 
“Ibadah yang terbaik adalah menjaga perut dan kemaluan.”.
(Nasehat Imam Baqir)

172.  Yang mengenal Allah
“Tidak akan bermaksiat kepada Allah orang yang mengenal-Nya (dengan baik dan benar)”.
(Nasehat Imam Baqir)

173. Hisab sesuai usaha akal
“Sesungguhnya Allah akan menghisab hamba-hamba-Nya pada hari kiamat sesuai dengan kadar akal (mengamalkan ilmunya) yang telah dianugerahkan kepada mereka di dunia.”(Nasehat Imam Baqir)

174. Pahala mengajarkan ilmu
“Sesungguhnya pahala orang yang mengajarkan ilmu adalah seperti pahala orang yang belajar darinya, dan ia masih memiliki kelebihan darinya. Oleh karena itu, pelajarilah ilmu dari ahlinya dan ajarkanlah kepada saudara-saudaramu sebagaimana ulama telah mengajarkannya kepadamu”.(Nasehat Imam Baqir)

175. Fatwa tanpa ilmu
“Barang siapa yang mengeluarkan fatwa tanpa ilmu yang cukup, maka ia akan dilaknat oleh malaikat rahmat dan azab serta dosa orang yang mengamalkan fatwanya akan dipikul olehnya”.(Nasehat Imam Baqir)

176. Ilmu untuk debat
“Orang yang mencari ilmu dengan tujuan mendebat ulama (lain), mempermalukan orang-orang bodoh atau mencari perhatian manusia, maka bersiap-siaplah untuk menempati neraka. Kepemimpinan tidak berhak dimiliki kecuali oleh ahlinya”.(Nasehat Imam Baqir)

177. Faqih 
“Faqih yang sebenarnya adalah orang yang zahid terhadap dunia, rindu akhirat dan berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah SAW”.(Nasehat Imam Baqir)

178. bergurau tanpa mencela
“Sesungguhnya Allah azza wa jalla menyukai orang-orang yang suka bergurau dengan orang lain dengan syarat tanpa cela-mencela”.(Nasehat Imam Baqir)

179. Tiga kriteria
“Tiga kriteria yang penyandangnya tidak akan meninggal dunia kecuali ia telah merasakan siksanya: kezaliman, memutuskan tali silaturahmi dan bersumpah bohong, yang dengan sumpah tersebut berarti ia telah berperang melawan Allah”.(Nasehat Imam Baqir)

180. Sesuatu yang paling utama
“Sesuatu yang paling utama di sisi Allah adalah engkau meminta segala yang dimiliki-Nya”.(Nasehat Imam Baqir)

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih