Thursday 21 June 2012

Mutiara Nasehat No. 281 - 290

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ




Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien

281. Motivasi diri
“Selain kita wajib mengetahui hal-hal yang dapat memotivasi kita beramal shalih. Kita juga harus juga mengetahui hal-hal yang dapat menghambat semangat beramal shalih sehingga kita bisa mengatasinya.”
“Selain kita wajib mengetahui besarnya balasan kebaikan orang yang beramal shalih supaya kita ikhlas dan semangat beramal. Kita juga wajib mengetahui mengerikannya balasan azab bagi orang yang berbuat kezaliman supaya kita takut mendekati perbuatan itu”.
(Ashabul Muslimin)

282. karakter pemimpin
“Pemimpin yang bijak dan berwibawa adalah bersikap rendah hati tidak berlebihan,  mengetahui keadaan yang dipimpin dan tidak terlalu menuntut diluar batas kemampuan, tidak hanya menggurui tapi juga mencontohkan dengan perbuatan, menempatkan tugas kepada yang ahli pada bidangnya, Tanggap kepada keadaan dan masukan dari orang lain dan tidak mudah sakit hati terhadap kritisan orang lain”.
(Ashabul Muslimin)

283. berjuang dijalan Allah
“Berjuang dijalan Allah tidak cukup dengan kekuatan fisik akan tetapi lebih utama kekuatan akal berupa ilmu. Karena dengan ilmu kita dapat mengatur strategi perjuangan yang akan mendukung sebuah kesuksesan”.
(ashabul muslimin)

284. hidup mewah mempersempit pikiran
“Hidup dalam serba kemewahan menghalangi dari hidayah dan mempersempit pola berpikir, kurang pekanya terhadap lingkungan sekitarnya. sedangkan kehidupan yang terbiasa menghadapi kesulitan, kesusahan dan penderitaan akan melatih kemandirian, kedewasaan berpikir dan kesabaran serta menumbuhkan kesadaran untuk berusaha”.
“Karena kita yakini setiap kesulitan pasti ada kemudahan jika memang sungguh mau berusaha".
(ashabul muslimin)

285. nurani 
“Hati nurani manusia tak pernah berbohong tentang kebenaran tetapi manusia yang sering membohongi dirinya sendiri karena menuruti hawa nafsu”
(Ashabul muslimin)

286. awas lidah ular 
“jangan mudah tertipu kata-kata manis yang keluar dari seorang fasiq karena lebih bahaya daripada ular berbisa”.
(ashabul muslimin)

287. gagal awal dari sukses
“Kegagalan bukanlah akhir dari usaha tapi kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan, jika anda menyerah maka anda menyia-nyiakan kesempatan sebuah kesuksesan, bangunlah dan berdiri kemudian berlari lagi mengejar mimpi”.
(ashabul muslimin)

288. mimpi adalah bibit kesuksesan
“Mimpi adalah bibit kesuksesan yang lahir dari sebuah keterbatasan, keterpurukan, kesusahan dan kesulitan. Mimpi akan menjadi nyata jika mimpi itu ada pada seseorang yang punya tekad kuat untuk merubah keadaan, pantang menyerah, dan tekun belajar”.
(ashabul muslimin)

289. akal
“ Manusia waras selalu berpikir berkali-kali untuk bertindak, tetapi manusia yang rusak akalnya selalu berpikir sekali-kali dan suka sekali budaya ikut-ikutan yang tak tahu arah kemana yang diikuti itu”.
“Penyebab rusaknya akal manusia adalah selalu mengikuti hawa nafsu, menuruti amarah, dan banyak makan barang haram”.
(ashabul muslimin)

290. menahan hawa nafsu
“Jika kita memang mau menghendaki kebaikan pada diri kita kuncinya hanya satu yaitu menahan  hawa nafsu secara dhohir dan batin”.
(ashabul muslimin)






0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih