Saturday 23 February 2013

Mutiara Nasehat 491-500

سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ 

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien

401. Ajari keprihatinan

"Ajarilah anakmu keprihatinan dan kesabaran sedari kecil, agar dewasa ia menjadi orang yang syukur dan punya rasa kepedulian"

(ashabul muslimin)

402.Jangan perturutkan

"anak yang diperturutkan segala  keinginannya maka dikhawatirkan dia kelak akan tumbuh menjadi anak pendurhaka yang keras hatinya".

(ashabul muslimin)

403. Sabar dalam memberi nasehat

"jangan enggan memberi nasehat karena khawatir nasehatmu diabaikan, tapi percayalah cepat atau lambat orang itu akan sadar akan apa yang kau ucapkan, memang dakwah itu butuh kesabaran dan kesabaran itulah kunci keberhasilan".

"nasehat yang masuk kedalam hati, ibarat air yang meresap kedalam tanah. Cepat lambatnya resapan tergantung kondisi tanahnya".

(ashabul muslimin)

404. Topeng-topeng

"Jika kau masih hidup diakhir zaman sampai nanti kau akan lihat banyak manusia menggunakan topeng. Yaitu menggunakan topeng penampilan untuk menyembunyikan karakter aslinya. Mereka bagus pada penampilan dhohir tapi jelek pada penampilan batin. Perkataan tak selaras dengan perbuatan, dhohir tak sesuai batin, bagus penampilannya namun jelek akhlaqnya".

(ashabul muslimin)

 

405. Hati-hati dengan pendiam

"dibandingkan orang cerewet orang pendiam lebih berbahaya, karena orang pendiam paling bisa menyembunyikan karakter aslinya".

"kadang orang pendiam yang tak pernah melakukan kejahatan, kemudian sekali melakukan maka terkadang melampui batas/keterlaluan".

(ashabul muslimin)

 

406. becik ketitik ala ketara

Kata pepatah jawa "becik ketitik ala ketara". Baik dan buruk karakter seseorang yang ia sembunyikan maka lama-kelamaan akan ketahuan juga karakter asli orang itu, tinggal sabar menunggu waktu".

"Jika seseorang yang menyembunyikan karakter dirinya dengan penampilannya, maka setelah ia terhimpit pikiran dan perasaannya maka saat itulah wajah (karakter) aslinya kelihatan".

(ashabul muslimin)

 

407. Jangan bela

"jangan membela hawa nafsumu jika kau tidak ingin terhina, gunakan akalmu jika ingin mulia".

(ashabul muslimin)

 

  408.Cinta hakiki

"Cinta hakiki adalah milik Allah, Sedangkan cinta kepada makhluk kebanyakan adalah cinta buta yang tak kenal tata krama dan aturan agama"

(ashabul muslimin)

 

409. jauhilah wanita non muhrim

"Jauhilah wanita(bukan muhrim) jika tidak ingin syahwatmu membesar sehingga mengalahkan akal sehatmu"

(ashabul muslimin)

 

500. maaf..

"maaf adalah kata singkat namun sulit diucap, kecuali orang yang dilapangkan hatinya oleh Allah SWT. Karena satu kata maaf yang ikhlas akan membereskan 1000 akar masalah".

(ashabul muslimin)

 

0 comments:

Post a Comment

Komentarnya sangat diharapkan, Terima kasih